Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO) resmi menandatangani MoA dengan Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) Universitas Negeri Manado (Unima), kegiatan ini juga dirangkaikan dengan Kuliah Umum oleh Wakil Dekan I FIPP Unima. Memorandum of Agreement (MoA) dalam upaya untuk memperkuat kolaborasi dan meningkatkan kualitas pendidikan antar ke dua institusi khususnya di FIPP Unima dan FKIP serta Fakultas Psikologi UMGO. Kesepakatan ini diharapkan akan membuka jalan bagi kerjasama yang lebih erat antara kedua institusi serta meningkatkan IKU.

Penandatanganan MoA ini dilakukan di Aula Lantai 2 Gedung Pemberdayaan Prof. Haryono Suyono, Kamis 22 Februari 2024. Dengan dihadiri oleh pimpinan dan perwakilan dari kedua perguruan tinggi. Wakil Rektor I UMGO, Prof. Moon Hidayati Otoluwa, Dekan FKIP UMGO, Dr. Hamid Isa, Dekan Psikologi UMGO, Salahuddin Liputo, M.Psi, Wakil Dekan I FIPP Unima, beserta jajaran, Mahasiswa FKIP dan Psikologi UMGO serta mahasiswa FIPP Unima.

Dekan FKIP UMGO, Dr. Hamid dalam pengantarnya mengatakan atas nama Fakultas dan UMGO ia menyampaikan selamat datang kepada rombongan FIPP Unima di Universitas Muhammadiyah Gorontalo.

“Ada beberapa informasi yang ingin kami sampaikan atas nama keluarga besar FKIP dan Psikologi UMGO, terima kasih atas kunjungan ini dan sudah memilih UMGO khususnya FKIP dan Psikologi untuk
Tour Pedagogik FIPP Unima dimana menurut informasi kunjungan susah direncanakan cukup lama untuk membangun sinergritas, FKIP memiliki 4 prodi yakni Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Prodi Ilmu Keolahragaan, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam dan Pendidikan Matematika, jumlah mahasiswa kami 300, telah meluluskan 210 alumni dan 30 persen alumni kita bekerja sebagai ASN dan P3K di Kabupaten Gorontalo, untuk Fakultas Psikologi yang awalnya bergabung dengan Fakultas Ilmu Kesehatan kini sudah menjadi Fakultas sendiri dan memikiki ratusan mahasiswa yang terus mengalami peningkatan serial tahunnya,” Jelasnya.

Kemudian, Wakil Dekan III FIPP UMGO, Dr. Meisie L. Mangantes saat memberikan sambutannta mengatakan Tim Tour Pedagogik yang hadir disini terdiri dari unsur Pimpinan, Dosen, Tendik dan Mahasiswa ia juga mengucapkan terima kasih atas sambutan hangat oleh FKIP dan Fakultas Psikologi UMGO ia beserta timnya merasa terkesan.

“Terima kasih sebesar-besarnya telah menerima kami hingga kami bisa berada di UMGO dan kami merindukan untuk boleh berada dalam suatu kegiatan kerjasama dalam rangka membangun Unima khususnya FIPP dan FKIP dan Psikologi UMGO. Kita berharap kita bisa bertemu lagi dan kerjasama ini tetap berlanjut.
Kami sedang gencar-gencarnya mengejar preztasi terutama dalan peningkatan IKU salah satunya dengan menjaring kerjasama baik dengan perguruan tinggi yang ada di Indonesia dan luar Negeri,” Jelasnya.

Ia juga turut memuji perkembangan FKIP dan Fakultas Psikologi UMGO walau berusia muda namun perkembangannya sudah sangat luar biasa.

“Hebat, maka kami angkat jempol FKIP UMGO dan Psikologi masih muda namun bisa berkembang seperti ini, maka kita boleh belajar bagaimana bisa membuka fakultas-fakultas yang lain dari UMGO. Kita bisa melihat perkembangan UMGO juga yang baru 15 tahun tapi sudah berkembang dengan luar biasa,” Akuinya.

Wakil Rektor I UMGO, Prof Moon, menyatakan bahwa MOA ini merupakan langkah penting dalam memperkuat kerjasama antara UMGO dan Unima dalam hal ini FKIP dan Fakultas Psikologi dengan FIPP Unima.

“Kami berharap kolaborasi ini dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi kedua institusi dan ada tindak lanjut dengan mengadakan kegiatan-kegiatan akademik seperti Kuliah Umum, Kuliah Pakar dll dan kegiatan yang dapat meningkatkan IKU dimasing-masing fakultas. FIPP Unima tidak salah mengunjungi UMGO karena UMGO adalah PTS terbaik di Gorontalo,” Tutupnya.*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *